CANDI GEDONG SONGO

Sabtu, 01 Mei 2010


Candi gedong sanga adalah candi hindu yang terletak di kabupaten semarang .Lokasinya berada di daerah perbukitan mendasari di perkirakan candi ini dibangun pada masa awal perkembangan agama Hindu di Jawa, yaitu pada masa pemerintahan raja-raja Wangsa Sanjaya. Di sebut gedong sanga karena candi di lokasi ini terdiri dari Sembilan bangunan.

berukuran relatif kecil dengan denah dasar persegi panjang. Atap candi berbentuk segi empat bersusun dengan hiasan pola kertas .seperti pada candi- candi Hindu lainnya terdapat juga arca dewa - dewa mereka . Candinya pun terdiri dari candi utama dan candi Perwara dimana candi ukurannya lebih besar di bandingkan candi perwara.

Para ahli belum dapat memastikan waktu dan tujuan pembangunan Candi Gedong Sanga, karena sampai saat ini belum ada prasasti yang ditemukan yang menyebut tentang keberadaan bangunan kuno itu.  
Menilik gaya arsitektur dan letaknya, candi Hindu Syiwa ini diduga dibangun untuk keperluan pemujaan.  Pada masa itu dataran tinggi atau perbukitan dianggap sebagai perwujudan dari 'kahyangan', tempat bersemayam para dewa.

0 komentar:

Banner Batik

Cari Blog Ini

Daftar Blog Saya

Blog Archive

Followers