PULAU BALI

Jumat, 11 Juni 2010

Bali adalah pulau sekaligus sebuah Propinsi dari Negara kesatuan Republik INDONESIA yang merupakan Negara yang terdiri dari beribu pulau besar dan kecil,Di pulau Bali banyak braneka ragam budaya yang sangat menawan dari tradisi ,kerya seni dan pesona alamnya yang masih terjaga dengan baik.

TANAH LOT    Adalah Obyek wisata Alam dan Budaya yang terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan.  Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam , turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini


Dari tempat parkir menuju ke area pura banyak dijumpai toko kerajinan tangan dan warung  makan atau kedai minuman. Juga tersedia Toilet bersih yang harga sewanya cukup murah untuk kantong wisatawan domestik sekalipun.
seperti tempat wisata yang lainnya  di Tanah Lot pun memiliki legenda yang terkenal, menurut legenda pura ini dibangun oleh seorang Brahmana yang berasal dari  Pulau Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Agama Hindu  dan membangun sad kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

0 komentar:

Banner Batik

Cari Blog Ini

Daftar Blog Saya

Blog Archive

Followers