Candi Ratu Boko

Senin, 21 Juni 2010


Candi Ratu Boko adalah nama sebuah candi yang berasal dari legenda masyarakat setempat yaitu : Ratu Boko ayah dari Loro Jonggrang yang juga menjadi nama candi utama pada komplek Candi Prambanan.
Secara administratif, situs ini berada di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman
Candi Ratu Boko adalah suatu bangunan yang menurut anggapan para ahli sejarah memiliki multi fungsi yang terdiri dari beberapa komponen, yakni benteng keraton (istana) dan gua. Lokasi Keraton Ratu Boko dapat dicapai dari Yogyakarta melalui jalan raya Yogyakarta-Solo, kurang lebih pada Km 17 atau pertigaan Prambanan berbelok ke kanan sejauh + 3 Km.

Bangunan utama Situs Ratu Boko adalah peninggalan purbakala yang ditemukan kali pertama oleh arkeolog Belanda, HJ De Graaf pada abad ke-17. Wujudnya berupa bangunan seperti gapura utama, candi, kolam seluas 20 meter x 50 meter dengan kedalaman dua meter, gua, pagar dan alun-alun, candi pembakaran, serta paseban.
Petilasan bangunan pendopo, balai-balai, tiga candi kecil, kolam, dan keputren terdapat di sebelah tenggara. Sedangkan gua Wadon, gua Lanang, dan beberapa gua lainnya, serta kolam dan arca Budha berada di sebelah timur.
Seperti halnya Candi Prambanan atau Candi Borobudur yang lebih kesohor, Candi Ratu Boko ini juga cocok digunakan sebagai tempat wisata. Selain itu, dikarenakan bangunannya yang terletak di dataran tinggi membuat eksotisme tersendiri bagi Candi Ratu Boko.
Pada umumnya peninggalan purbakala berbentuk bangunan keagamaan, tetapi situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.
Berbeda dengan keraton di Jawa pada umumnya didirikan di daerah yang relatif landai, namun situs Ratu Boko terletak di atas bukit yang lumayan tinggi.
Kedudukan di atas bukit ini juga yang memungkinkan adanya mata air dan adanya sistem pengaturan air yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kolam pemandian merupakan peninggalan dari sistem pengaturan ini; sisanya merupakan puing-puing yang harus di satukan para arkeolog untuk merekonstruksinya.
Letak Candi Boko yang di atas bukit ini menambah lengkap untuk tujuan wisata disamping udaranya yang sejuk juga pemandangan alam yang indah bagi siapa saja yang datang di tempat ini.

0 komentar:

Banner Batik

Cari Blog Ini

Daftar Blog Saya

Blog Archive

Followers