Tari Bali (Tari Barong)

Kamis, 30 September 2010





Tari Barong adalah seni tari Tradisional  yang berasal dari daerah Bali yang di tarikan oleh dua orang laki-laki, . Barong merupakan  bentuk binatang mytologi yang banyak sekali macamnya, ada yang kepalanya berbentuk kepala singa, harimau, babi hutan jantan , gajah, lembu atau keket. Keket oleh orang Bali dianggap sebagai raja hutan yang disebut pula dengan nama Banaspati Raja.

Tarian ini sudah ada sebelum agama Hindu Hadir di Bali yang diwujudkan dengan boneka binatang berkaki empat atau manusia purba yang memiliki kekuatan magis.
Diduga kata barong berasal dari kata bahrwang atau diartikan beruang, seekor binatang mythology yang mempunyai kekuatan gaib, dianggap sebagai pelindung. Tetapi pada kenyataannya Barong tidak hanya di wujudkan dalam binatang berkaki empat akan tetapi ada pula yang berkaki dua. Topeng Barong biasanya dibuat dari kayu yang diambil dari tempat-tempat angker seperti kuburan, sehingga Barong di golongkan sebagai benda -benda sakral yang sangat disucikan dan sangat di hormati oleh masyarakat Hindu Bali. Pertunjukan tari ini biasanya di lakukan dengan lakon atau tanpa lakon, selalu diawali dengan demonstrasi pertunjukan yang diiringi dengan gamelan Bali.


0 komentar:

Banner Batik

Cari Blog Ini

Daftar Blog Saya

Blog Archive

Followers